Loading...

Tips Sederhana Bagaimana Tingkatkan Berat Badan Balita

By On Rabu, Desember 27th, 2017 Categories : Keluarga

Perubahan yang terjadi pada berat badan balita memang sudah bisa diprediksi oleh manusia. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa ketika balita sudah memasuki umur 1-3 tahun biasanya akan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Loading...

Dan ternyata ketika memasuki umur tersebut dianggap sebagai masa pertumbuhan yang terbaik bagi seorang balita. Dengan begitu anda harus bisa memanfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin untuk bisa menumbuh kembang pertumbuhan secara maksimal.

Namun sebelum anda bisa memanfaatkan masa pertumbuhan terbaik tersebut hal yang harusnya dilakukan adalah dengan meningkatkan berat badan balita. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah Meningkatkan Berat Badan Balita

Sebelum anda mulai melakukan tindakan meningkatkan berat badan balita, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis anak. Dengan begitu nantinya anda akan memiliki data akurat mengenai barat badan balita serta faktor kekurangannya.

  • Konsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi. Manfaatnya bisa meningkatkan berat badan dan menambah kadar energi.
  • Konsumsi susu yang mengandung kalsium tinggi. Manfaatnya bisa meningkatkan tulang anak.
  • Kurangi porsi makanan yang dicerna. Porsi yang disarankan adalah 6 x kali sehari.
  • Lakukan kegiatan yang dapat mendorong tinggi badan semakin meningkat.
  • Konsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi. Mencegah anemia pada anak.
  • Konsumsi makanan yang mengandung zink. Bisa membantu meningkatkan pertumbuhan tinggi badan anak.

Jenis Nutrisi Tepat Untuk Menaikkan Berat Badan Balita

Nutrisi dan makanan yang dikonsumsi cukup berpengaruh pada berat badan balita. Tidak hanya itu saja, panjang badan juga dapat ditingkatkan dengan secara rutin menjaga nutrisi dan makanan yang dikonsumsi.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa orang Indonesia memiliki angka kecukupan gizi dengan berat badan yang normal 12 Kg dan tinggi badannya mencapai 90 cm pada usia rata-rata 1-3 tahun. Berat badan yang normal sebesar 9-10 Kg juga terjadi di usia 13 bulan.

Jika dalam usaha menaikkan berat badan balita banyak terkendala masalah seperti asupan makanannya atau juga terinfeksi flu maka hal tersebut perlu ada penanganan khusus.

Berikut adalah hal yang harus dilakukan untuk bisa menambah berat badan balita khususnya bagi yang berusia 1-3 tahun. Kebutuhan gizinya adalah 500 mg kalsium, 1000 kkal energi, 8 mg zat besi, 25 gram protein.

Tips Khusus Nutrisi untuk Menambah Berat Badan Balita

Jika sudah mengetahui berapa besar nutrisi yang dibutuhkan balita dalam upaya menaikkan atau menambah berat badannya tentu masih ada tips tambahan. Tips ini diyakini ampuh dalam penanganan nutrisi yang sedang dijalani.

  1. Jaga porsi makanan sang balita. Porsi yang sesuai adalah 1/3 dari porsi makanan orang dewasa.
  2. Mengajak sang balita makan bersama keluarga. Berikan kebebasan pada dirinya untuk memilih jenis makanan yang disukai dan memakannya sendiri.
  3. Kondisikan makan bersama dengan suasana menyenangkan. Jika sang balita tidak ingin makan maka janganlah dipaksa.
  4. Mencatat porsi makanan yang dikonsumsi sang balita setiap harinya. Tujuannya adalah untuk bisa mengontrol porsi yang dikonsumsi agar pertumbuhan berat badannya mengalami kenaikan hari demi hari.

Berat badan balita akan terus mengalami kenaikan jika ibu bisa mengontrol dengan baik pola makanan serta kadar nutrisi yang dikonsumsinya. Yang terpenting tetap menjaga kualitas jenis makanan dan juga bagaimana cara ibu untuk bisa menyenangkan hati sang balita.

Menjaga balita dengan penuh emosi tinggi dapat berpengaruh pada pertumbuhan juga pola pikirnya kelak. Semoga pembahasan ini menjadi motivasi yang bagus bagi anda yang memerlukan referensi nutrisi pertumbuhan balita.

Tips Sederhana Bagaimana Tingkatkan Berat Badan Balita | Peterpan | 4.5