Loading...

Pertolongan Pertama Saat Mimisan

By On Jumat, November 17th, 2017 Categories : Kesehatan

Pertolongan Pertama Saat Mimisan Ada beberapa hal yang menyebabkan hidung berdarah atau biasa kita kenal dengan mimisan, misalnya, iritasi pada membrane mukosa, karena infeksi atau benturan pada hidung. Mimisan bisa jadi sangat mengkhatirkan bila banyak darah keluar dari hidung. Maka Mengetahui penyebab mimisan akan membarikan pertolongan pertama yang tepat dan bisa mencegah hal yang tidak diinginkan.

Loading...

Dalam sebuah buku berjudul ‘First Aid’ Stanley M.Zido memaparkan, mimisan yang terjadi pada anak – anak tidak membahayakan, tetapi akan terjadi masalah yang serius jika terjadi pada orang tua atau orang dewasa. Walaupun tidak membahayakan untuk anak kecil tetapi kita tetap harus waspada.

Berikut langkah – langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan saat hidung berdarah atau mimisan.

Pertama, dudukan dan condongkan badan korban ke depan sambil mulut tetap terbuka agar tidak menutup jalan pernapasan, upayakan jangan sampai meddongakkan kepala hal ini untuk mencegah darah mengalir ke tenggorokan dan menyebabkan muntah.

Kedua, mintalah korban untuk menekan  bawah tulang hidung pada bagian ujung selama 10  menit kemudian lepasakan secara perlahan.

Ketiga, beri korban tisu atau kain basah yang berisi es lalu tempelkan pada hidung dan wajah guna mempersempit pembuluh darah yang terbuka sambil  membersihkan hidung dari darah.

Keempat, jika mimisan sudah berhenti biarkan korban tetap dalam posisi duduk untuk beristirahat agar tidak menyebabkan pendarahan lagi.

Terakhir, jika selama 30 menit masih mengeluarkan darah segara bawa korban ke rumah sakit terdekat guna mencegah terjadinya hal yang lebih berbahaya.

Selain langkah – langkah praktis diatas, mimisan dapat dihilangkan dengan bantuan bahan alami seperti daun sirih, cukup ambil daun sirih kemudian tempelkan hidung yang berdarah selama beberapa menit dengan posisi rebahan.

Pertolongan Pertama Saat Mimisan | Peterpan | 4.5