Loading...

Ketahui Bahaya Penyakit Kolesterol dan Cara Mencegahnya

By On Minggu, November 5th, 2017 Categories : Kesehatan

Setiap orang tentu sudah mengenal baik tentang penyakit kolesterol dan tidak ingin mengalaminya pada suatu saat nantinya. Namun sebelum menyimpulkan bahwa penyakit kolesterol itu sangat berbahaya bagi kesehatan kita maka kenalilah dulu kolesterol itu sendiri.

Loading...

Menurut beberapa ahli kolesterol ialah salah satu komponen lemak yang berasal dari organ Hati manusia. Zat yang tampak putih layaknya lilin tersebut bisa ditemui disetiap sel tubuh manusia. Fungsi utama dari kolesterol tersebut ialah pembuat hormon-hormon yang penting bagi tubuh, pembangun dinding-dinding sel dan menguatkan membran sel tubuh.

Padahal sebenarnya kolesterol ini sangatlah dibutuhkan oleh tubuh dalam hal memecahkan kadar lemak tinggi. Namun jika kadar kolesterol tersebut semakin tinggi maka fungsinya pun juga berubah. Kolesterol akan langsung bercampur dengan darah.

Proses awalnya adalah kadar kolesterol yang berlebih tersebut akan langsung bercampur dengan darah dan menghasilkan lemak yang mengendap lebih banyak. Ketika mulai menempel di dinding pembuluh darah dan membeku maka aliran darah pada jantung bisa terhambat.

Akibat yang ditimbulkan ialah penyakit stroke, aterosklerosis (terhambatnya darah menuju otak) dan serangan jantung. Tentunya hal tersebut tidak diinginkan oleh semua orang. Perlunya pengetahui mengenai apa saja tanda, gejala dan menu makanan yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah sehingga bisa terhindar dari penyakit kolesterol yang jahat.

Penyakit Kolesterol Tinggi Dengan Tanda dan Gejalanya

Disini kita akan membahas mengenai tanda-tanda dan segala macam gejala yang timbul akibat penyakit kolesterol. Rasa sakit di kepala serta merasa pegal-pegal adalah gejala awal dari penyakit tersebut.

Untuk lebih mengetahui lebih mendalam tentang kadar kolesterol dalam tubuh, akan dibagi menjadi 2 bagian penting diantaranya adalah

  1. Kolesterol jahat. Junkfood, kripik, produk susu, dan daging merupakan jenis makanan yang bisa menimbulkan kolesterol jahat. Dinilai jahat karena jenis makanan ini dapat memicu endapan lemak di bagian pembuluh darah arteri.
  2. Kolesterol baik. Biasanya disebut High Density Lipoprotein yang dapat membersihkan pembuluh darah arteri dari endapan-endapan lemak yang merugikan tubuh

Sedangkan  mengenai penyebab utama penyakit kolesterol sendiri ialah juga dari jenis makanan yang dikonsumsi. Jenis makanan yang bisa memicu kolesterol jahat ialah berbagai produk olahan susu, minyak dan juga daging. Tidak hanya itu saja faktor jarangnya berolahraga, merokok, obesitas, keturunan, dan pola makan yang kacau juga dapat memicu penyakit kolesterol berkembang.

Mencegah Penyakit Kolesterol Dengan Pola Makan Sehat

Berikut ini merupakan jenis-jenis makanan yang dianggap bisa mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan konsumsi yang benar dan teratur maka penyakit kolesterol pun bisa dihindari.

  • Tomat. Turunkan kolesterol secara cepat dengan cara meminumnya
  • Bawang putih. Dengan mengonsumsi 1 siung perhari, maka kadar kolesterol jahat akan berkurang.
  • Buah delima. Ampu dalam mengusir plak lemak yang berkarat di pembuluh arteri.
  • Kacang-kacangan. Mengurangi resiko penyakit jantung.
  • Plum. Turunkan kolesterol dengan cepat
  • Ikan dan minyak ikan. Dengan mengonsumsi secara teratur setiap harinya, maka kadar kolesterol jahat pun menurun drastis.

Sebenarnya masih ada teh hijau, blueberry, minyak kelapa, buah anggur, minyak zaitun, produk kedelai, minyak kelapa dan alpukat yang merupakan jenis makanan yang dianggap bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Hal yang terpenting tetap menjaga pola makan secara sehat dan teratur. Semoga pembahasan penyakit kolesterol ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi baru bagi yang sedang mengalaminya. Tetap jaga kesehatan anda dengan berolahraga.

Ketahui Bahaya Penyakit Kolesterol dan Cara Mencegahnya | Peterpan | 4.5