Loading...

Gejala dan Proses Penularan Penyakit AIDS

By On Senin, Oktober 16th, 2017 Categories : Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal dengan yang namanya penyakit AIDS. Nama tersebut seakan tidak asing lagi ditelinga semua orang didunia ini. Penyakit AIDS dianggap sebagai penyakit yang sangat menakutkan dan belum ada obatnya sampai saat ini. masyarakat di dunia memang sudah mengetahui sepak terjang penyakit tersebut selama ini. Disini kita akan lebih mengetahui lebih jauh mengenai penyakit yang terkenal mematikan ini.

Loading...

AIDS sendiri merupakan sebuah singkatan yaitu Acquired Immune Deficiency Syndrome. Disebut AIDS dikarenakan memang merupakan sebuah tahapan terakhir dari HIV. HIV yang merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus memang dianggap biang keladi dari penyakit ini.

Jika ditanya darimanakah datangnya virus HIV ini ? maka jawaban yang benar adalah dari Bissau, Gabon dan Kamerun yang kesemuanya merupakan negara-negara di benua Afrika. Berikut akan dijelaskan lebih detil mengenai gejala-gejala yang timbul dari AIDS itu sendiri.

Gejala – Gejala Penyakit AIDS

Jika melihat bagaimana orang yang terkena AIDS memang tidak tampak seperti orang yang sedang kekurangan cairan. Apalagi jika orang tersebut masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat baik. Namun ketika beberapa virus lainnya mulai menyerang diantaranya infeksi virus lain, bakteri merugikan, dan tentunya bisa merusak jaringan kekebalan tubuh itu sendiri.

Dengan semakin keadaan parah, virus AIDS juga semakin berkembang cepat dan mematikan. Penyakit AIDS juga memberikan kesempatan penyakit berbahaya lainnya mulai berkembang seperti kanker, lemas, selalu berkeringat di malam hari, berat badan turun, semua kelenjar membengkak, dan demam.

Proses Penularan Penyakit AIDS

Penularan AIDS memang dianggap cukup cepat berpindah karena lantaran berpindahnya cairan-cairan tertentu. Cairan-cairan yang dimaksud diantaranya adalah air susu ibu yang notabene merupakan penderita, cairan kelamin, sperma dan darah.

Lebih lengkapnya beberapa hal berikut merupakan penyebab virus ini menyebar dengan cepat. Transmisi seksual, paparan melalui darah, dan transmisi prenatal. Akan tetapi sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dari sampel 100 % terdapat 50 % bayi tidak terjangkit penyakit AIDS padahal sang ibu mengidapnya. Ternyata hal ini bisa ditanggulangi dengan cara lahir cesar.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa penyakit AIDS memang sangat menakutkan pasalnya ternyata juga bisa ditularkan melalui hewan nyamuk. Hal-hal lainnya juga menular melalui alat makan yang biasa digunakan oleh penderita, ketika berpelukan, dan batuk.

Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah timbulnya penyakit AIDS adalah sebagai berikut

  1. Memberikan pembelajaran mengenai melakukan hubungan yang aman
  2. Memeriksa darah terlebih dahulu sebelum mendonorkan darahnya.
  3. Menggunakan jarum suntik sekali pakai agar terhindar dari penularan melalui jarum suntik.

Di dalam agama Islam jelas sudah diajarkan bahwa kita semua harus menghindari perbuatan zina. Mengapa ? karena memang perbuatan tersebut banyak sekali keburukannya. Terkadang dampak yang dirasakannya belum terasa di awalnya namun akan pahit di belakangnya.

Gejala dan Proses Penularan Penyakit AIDS | Peterpan | 4.5