Loading...

Pentingnya Kalori dan Asam Folat Sebagai Nutrisi Ibu Hamil

By On Sunday, December 3rd, 2017 Categories : Kehamilan

Nutrisi ibu hamil tentunya menjadi hal yang sangat penting bagi anda yang sedang hamil. Nutrisi yang dibutuhkan tersebut adalah kebutuhan janin yang ada di dalam kandungan. Selain memiliki manfaat yang sangat bagus bagi janin, anda juga akan memiliki tubuh yang sehat selama hamil.

loading...

Resiko yang mungkin terjadi pada janin akan berkurang jika kebutuhan nutrisi dan gizinya tercukupi selama dalam kandungan. Oleh karena itu keluarga dan ibu hamil harus selalu memperhatikan hal tersebut. Agar janin juga dapat hidup dan lahir dengan sehat.

Gizi dan nutrisi ibu hamil

Seiring dengan bertambahnya usia kandungan janin, maka kebutuhan nutrisinya pun akan semakin bertambah. Dan hal tersebut akan tergantung pada nutrisi yang terkandung pada setiap makanan yang ibunya makan.

Bagi anda yang sedang mengalami masa kehamilan, anda harus mengetahui kebutuhan nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh bayi yang sedang dikandung. Salah satu zat kandungan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin adalah Kalori.

Pentingnya Kalori Sebagai Nutrisi Ibu Hamil

Pada saat seorang ibu sedang hamil, ia membutuhkan sejumlah kalori yang penting bagi tubuh. jumlah kalori yang dibutuhkan tersebut biasanya tiga ratus hingga empat ratus kalori per harinya. Kalori tersebut bisa berasal dari empat sehat lima sempurna. Yaitu :

  1. Karbohidrat
  2. Lemak baik hewani maupun nabati
  3. Protein
  4. Sayuran dan buah yang bisa melengkapi
  5. Asam folat

Pentingnya Asam Folat Bagi Janin

Janin membutuhkan jumlah asam folat yang banyak. Asam folat tersebut berguna untuk membentuk sel serta sistem syaraf pada janin. Jika janin kekurangan asam folat maka akan berakibat kurang sempurnanya janin ketika dilahirkan.

Biasanya janin yang kekurangan asam folat akan mengalami suatu kelainan pada fisiknya. Asam folat bisa anda dapatkan pada buah-buahan, sayuran hijau, dan juga beras merah.

Kebutuhan penting nutrisi lainnya bagi ibu hamil

  1. Protein
  2. Kalsium
  3. Vitamin A
  4. Zat besi
  5. Vitamin C
  6. Vitamin D

Untuk melihat apakah asupan nutrisi ibu hamil cukup atau tidak, maka anda bisa melihatnya dari perkembangan berat badan ibu hamil dan janin. Jika berat badannya cukup, maka nutrisinya juga sudah mencukupi.

Lain halnya jika nutrisinya kurang, maka bisa berakibat kematian pada janin, keguguran, bayi lahir prematur, atau janin memang tidak berkembang dengan baik. Untuk itu, setiap ibu hamil memerlukan jumlah nutrisi yang cukup agar kebutuhan gizi janin pun tercukupi.

loading...
Pentingnya Kalori dan Asam Folat Sebagai Nutrisi Ibu Hamil | Peterpan | 4.5