Hindari Makanan Ini untuk Mencegah Resistansi Insulin

By On Saturday, September 30th, 2017 Categories : Kesehatan

Resistansi insulin adalah sebuah sindrom metabolisme dimana karbohidrat apapun yang masuk ke dalam tubuh berubah menjadi gula ( gandum, gula, tepung, buah-buahan, kentang, labu dan yang lainnya). Hal ini justru membuat level insulin menjadi meningkat dan bukannya berubah menjadi energi, sehingga resistansi insulin dapat menyebabkan peradangan serta kenaikan level gula darah.

Ketika insulin tidak terserap ke dalam sel-sel darah, terjadi sebuah resistansi karena insulin tidak dapat bekerja secara efektif di dalam tubuh. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika insulin tidak masuk ke dalam sel, maka akan terjadi peradangan yang dapat menyebabkan diabetes, masalah gula darah dan juga kelelahan kronis.

Ada beberapa suplemen yang bisa membalikkan resistensi insulin. Untuk mencegah terjadinya beberapa masalah kesehatan, anda harus menghindari makanan-makanan yang mudah berubah menjadi glukosa.

Ketika insulin tidak bekerja secara efektif, hal ini dapat menyebabkan masalah pada hati serta masalah kesehatan yang parah. Untuk mencegah diabetes, serangan jantung dan kondisi-kondisi yang lainnya, hindarilah daftar makanan berikut ini. Diet yang benar akan membantu anda untuk menyeimbangkan jumlah insulin di dalam tubuh serta menghindari terjadinya resistansi insulin.

Daging Merah

Daging merah mengandung lemak jenuh yang bisa menyebabkan penyakit hati serta meningkatkan peluang terjadinya resistansi insulin. Hindari daging merah serta masukkan makanan seperti daging tanpa lemak dan ikan yang sehat pada menu diet anda untuk menghindari resistensi insulin.

Keju

Keju yang tinggi lemak sangat berbahaya untuk kesehatan. Makanan ini sangat tinggi dalam kandungan lemak jenuh dan dapat menyebabkan resistensi insulin. Jangan masukkan keju dalam menu diet anda.

Makanan yang Digoreng

Makanan cepat saji atau gorengan mengandung banyak lemak tak jenuh. Orang-orang dengan resistensi insulin harus menghindari lemak tak jenuh yang dengan mudah ditemukan pada makanan yang digoreng, makanan cepat saji, makanan beku dan makanan kaleng.

Padi-padian

Padi-padian memiliki kandungan pati yang tinggi dan pati sangatlah buruk untuk orang-orang dengan resistensi insulin. Karbohidrat halus ataupun karbohidrat yang diproses dapat menyebabkan peningkatan level insulin secara drastis.

Wortel

Wortel dan jagung juga kaya akan karbohidrat, jadi hindari memasukkan makanan ini ke dalam menu diet karena makanan ini bisa menyebabkan resistensi insulin.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari khususnya bagi anda yang mengalami kenaikkan gula darah atau memiliki penyakit diabetes. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Hindari Makanan Ini untuk Mencegah Resistansi Insulin | Peterpan | 4.5