Berbagai Tips dan Cara Diagnosa Penyakit Jantung

By On Monday, October 2nd, 2017 Categories : Kesehatan

Zaman sekarang memang sudah memasuki era teknologi canggih termasuk ketika ingin diagnosa penyakit jantung. Berbagai penemuan di bidang kesehatan yang tujuannya untuk mempermudah dalam mendiagnosa dan menyembuhkan penyakit pun sudah berhasil dilakukan.

Beberapa nama alat kesehatan yang terbilang canggih diantaranya adalah CT Scan, Stetoskop, MRI dan sebagainya.  Beberapa alat tersebut semuanya bekerja dengan cara mendiagnosa penyakit yang diderita oleh pasien.

Tidak hanya bisa dilakukan oleh peralatan yang canggih, dengan cara tradisional pun bisa melakukan diagnosa penyakit. Dalam prinsipnya, semua anggota tubuh bisa memberikan informasi kepada kita mengenai gejala penyakit yang nantinya akan dirasakan.

Anggota tubuh tersebut diantaranya adalah telapak kaki dan tangan, kuping, punggung, wajah dan mata. Setiap anggota tubuh tersebut memiliki tanda penyakit yang berbeda-beda.

Mendiagnosa Penyakit Dengan Cara Tradisional

Seperti yang sudah diketahui bahwa dalam mendiagnosa penyakit bisa dilakukan dengan menggunakan alat modern. Namun permasalahannya adalah biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit. Cara tradisional merupakan cara terampuh jika anda bermasalah dengan keuangan yang dimiliki.

Berikut beberapa tahapan untuk bisa mendiagnosa penyakit secara tradisional :

Lidah. Jika lidah anda dalam keadaan bergerigi maka hal tersebut menandakan bahwa ginjal anda sedang bermasalah.

Mata. Daerah iris merupakan obyek yang bisa dijadikan pedoman penyakit apa yang sedang diderita. Daerah pupil bisa mendiagnosa apakah seseorang telah meninggal atau tidak. Kadar kolesterol juga bisa dicek lewat mata.

Telapak tangan. Ketika berwarna merah di daerah ujung jarinya maka hal tersebut menandakan bahwa anda telah terkena gejala kolesterol. Kadar asam urat juga bisa dilihat pada bentuk dari setiap ujung jari. Penyakit sembelit juga bisa dilihat lewat garis-garis tangan yang anda miliki. Penyakit masuk angin bisa dilihat adanya bulatan-bulatan merah atau putih pada tangan. Penyakit diabetes bisa ditinjau dibawah kuku jari anda, jika berwarna coklat kehitaman maka penyakit tersebut mulai ada pada tubuh anda. Penyakit pernafasan bisa dilihat dengan adanya warna bercak ungu didaerah ibu jari anda.

Telinga. Jika terdapat garis berwarna merah dan titik layaknya jerawat maka hal tersebut menandakan anda sedang dalam keadaan tidak sehat.

Telapak kaki. Jika di telapak terasa ada pasir maka hal tersebut didiagnosa ada penyakit yang harus disembuhkan.

Cara Efektif Mendiagnosa Penyakit Jantung

Seperti yang sudah anda dengar dari berbagai iklan di televisi yang menjelaskan bahwa penyakit jantung merupakan penyakit paling tinggi di Indonesia saat ini. Dengan begitu tidak ada salahnya jika kita memulai belajar untuk diagnosa penyakit tersebut sehingga bisa terhindar dari hal yang buruk nantinya.

  • Pingsan. Seringnya mengalami pingsan dan juga cepat sekali sadarnya maka hal tersebut mengindikasikan bahwa anda tengah mengalami gangguan irama jantung.
  • Nyeri. Rasa nyeri yang terjadi di daerah dada selama 20 menit sekali. Rasa nyeri tersebut terkadang juga berupa tekanan yang besar pada leher dan bagian dada.
  • Sakit dibagian dada. Rasa sakit yang timbul secara tiba-tiba dibagian belakang tulang dada.

Cara Mendiagnosa Penyakit Jantung Koroner

Dalam ilmu kesehatan jantung, bagian diagnosa penyakit jantung merupakan sesuatu yang sangat penting. Dengan begitu nantinya seseorang akan mengetahui bahwa apakah dirinya punya gejala penyakit jantung atau tidak.

Namun dalam mendiagnosa haruslah lebih berhati-hati. Kebanyakan akan mengalami sesuatu yang tidak diinginkan misalnya kematian mendadak. Berikut cara mendiagnosa penyakit jantung koroner.

  1. Cek ke lab. Laboratorium memiliki beberapa peralatan yang canggih untuk bisa mendiagnosa penyakit.
  2. Memeriksa keadaan jantung secara non-invasif. Biasanya cara ini berkonsentrasi pada keadaan non-jasmani.
  3. Memeriksa keadaan jantung secara jasmani.
  4. Memfoto bagian dada.
  5. Anamnesis.

Sebelum nantinya anda terserang penyakit mematikan seperti jantung, maka sebaiknya jagalah kesehatan tubuh. Konsumsi makanan yang tidak mengandung lemak tinggi yang nantinya bisa menghambat daya kerja jantung.

Tidak hanya itu, sempatkan beberapa menit untuk berolahraga secara rutin setiap harinya.

Semoga pembahasan diagnosa penyakit jantung ini bermanfaat terutama bagi anda yang ingin mengetahui lebih detil mengenai penyakit jantung itu sendiri.

Berbagai Tips dan Cara Diagnosa Penyakit Jantung | Peterpan | 4.5