Aneka Ragam Instrumen Musik Indonesia

By On Tuesday, April 25th, 2017 Categories : Umum

Alat musik tradisional – Negara Indonesia memiliki anera ragam jenis musik yang mana jumlah suku di Indonesia sangat banyak, bisa dikatakan dengan jumlah pulau di Indonesia yang lebih dari 17000 pulau mempunyai aneka seni dan budaya tersendiri. Indonesia kaya akan aneka jenis musik yang mana merupakan bagian dari seni tari dan pentas.

Instrumen Musik

Musik Indonesia menunjukkan karakteristik dan jati diri yang terbentuk sejak zaman perunggu yang dulunya migrasi ke belahan Nusantara sekitar abad ketiga dan kedua sebelum Masehi. Pada jaman dulu, suku tradisional Indonesia memainkan musik dengan memakai alat instrumen perkusi seperti gong dan gendang. Hingga kini, munculah berbagai jenis musik yang berbeda-beda dan semakin rumit seperti angklung dari Jawa Barat, Gamelan dari Jawa dan Bali serta alat musik Sasando dari Pulau Rote.

Gamelan

Bagian dari bentuk alat musik yang kini sudah dikenal oleh banyak masyarakat adalah gamelan. Alat musik yang dimainkan dengan lebih dari satu orang berbarengan dengan alat musik jenis perkusi diantaranya metalofon, bisa juga rebab yang diiringi oleh suling bambu dan gong.

Berbagai pentas pertunjukan seni dengan menggunakan alat musik gamelan sudah umum digelar di Indonesia hingga mancanegara seperti malaysia. Akan tetapi alat musik gamelan ini berasal dari pulau Jawa dan menyebar hingga Pulau Bali dan Lombok.

Kecapi Suling

Alat musik kecapi suling merupakan salah satu jenis alat musik instrumental yang membutuhkan improvisasi dan kolaborasi. Kecapi suling sangat terkenal di Jawa Barat yang lebih sering memakai alat musik kecapi dan suling, sehingga alunan musik sunda sangat khas dengan kolaborasi kecapi suling.

Angklung

Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional yang paling konservatif perkembangannya khususnya masyarakat Jawa Barat yang berbahasa Sunda.

Angklung dibuat dari bahan bambu ini dimainkan dengan cara digoyangkan sehingga timbul suara. Nada yang muncul tergantung dari setiap ukuran angklung dari kecil hingga besar.

Kolintang

Alat musik yang berasal dari Indonesia bagian Timur ini merupakan salah satu jenis alat musik perkusi yang menggunakan bahan dasar kayu dan perunggu.

Alat musik ini dikenal sebagai alat musik orang Minahasa namun juga dikenal sebagai alat musik dari Maluku.

Sasando

Sasando berasal dari Pulau Rote dan merupakan salah satu jenis alat musik seperti gitar yang dimainkan dengan cara dipetik. Sasando terdiri dari bagian dasar yang terbuat dari bambu berbentuk tabung dan terdapat senar yang dibentangkan dari dua sisi ganjalan. Tabung Sasando diletakkan ke dalam sebuah wadah anyaman berbentuk kipas yang berbahan daun lontar.

Genre

Genre musik Indonesia yang memiliki aneka ragam budaya mampu menciptakan berbagai jenis musikal Indonesia. Selain itu perpaduan budaya musik luar dengan aliran musik tradisional Indonesia dapat menciptakan karya musik yang eksotis.

Berbagai format musik asli Indonesia yang dapat kita telusuri asal muasalnya yang dipengaruhi oleh budaya luar. Salah satunya adalah qasidah dan gambus yang terkenal dengan ciri khas musik Islam dari Timur tengah. Ada juga musik keroncong yang terpengaruh oleh budaya Portugis dan musik dangdut yang terpengaruh oleh musik Hindi dari India.

Untuk pembahasan mengenai perkembangan musik Indonesia seperti keroncong, dangdut, pop, rock hingga musik modern Electronic dance music atau lebih dikenal EDM yang sekarang ini banyak di download dengan berbagai versi mp3 nya sebagai lagu terbaru indonesia dapat anda simak pada blogĀ omdimas di beberapa topik pembahasan selanjutnya.

Aneka Ragam Instrumen Musik Indonesia | Peterpan | 4.5